Sabtu, 12 Juli 2008

Kenapa saya Menjadi Mualaf ?


Salam dari mualaf.



Bukan .... mas Yohanes Ibrahim Syihab. ( Wah nama anda keren sekali mas ) campuran romawi + arab
Saya menjadi muslim bukan karena ~ wanita , tahta , Harta , atau dunia ....apalagi syahwat ....( Kalau Nabi Muhammad punya Istri banyak itu terjadi karena adat waktu itu memperbolehkan dan berhubungan sex ama istri itu bukan dosa ..jadi gpp kawin banyak kalau mampu dan adil ) tetapi sekarang dah gak bisa ...karena alasan moral dan HAM ...

Saya sebenarnya bernama lengkap sesuai nama baptis saya adalah : Paulus Edy Prayitno. ( tetapi saya lebih suka gak pakai nama Paulus ) .
yang jelas saya sejak kecil hingga kuliah , saya kristen protestan ( pantekosta ) di Surabaya
dan pernah belajar di Sekolah Alkitab di surabaya ( ini Gak sampai lulus )
Waktu itu saya aktif di kepemudaan gereja hingga menjadi team musick gereja dan sudah pelayanan ke beberapa daerah .

Urusan keluarga hingga saya masuk islam memang kayak film sinetron tapi gak bisa saya ceritakan detail disini ...nanti dikira saya bikin cerpen ....

Hingga suatu hari saya mengenal teman muslim ( laki - laki lo ....) dia sering mengajak debat soal agama ....dan saya turuti .
saya akhirnya pelajari buku2 islam dan mulai membaca Al'quran dengan tujuan mau mengalahkan dia soal kebenaran kristen . tetapi saya akhirnya terhempas hanya dengan satu pertanyaan saja , yaitu :

KAPANKAH YESUS MENGATAKAN DIRINYA TUHAN ? DAN BENARKAH YESUS TUHAN Dikitab Injil ( Matius , markus , lukas , yohannes ) .....
Setelah saya cari ayat tersebut memang tidak ada ...yg ada justru sebaliknya yang menyuruh umat dan muridnya menyembah Allah yang Esa ( Ini ada ayatnya di Injil ).


Dan setelah melalui berbagai macam liku2 perjuangan dan pendalaman .....akhirnya saya menyerah.

saya akhirnya mengucapkan dua kalimat syahadat dan sholat berjamaah dengan dia .

Begitu cerita saya , kenapa saya masuk islam ..

Demi Allah yang maha perkasa ..."
bahwa cerita saya ini , benar adanya .

Salam
Edy Prayitno
Surabaya





-----Original Message-----
From: religionspirituality@yahoogroups.com [mailto:religionspirituality@yahoogroups.com] On Behalf Of Ibrahim Y. Syihab
Sent: Friday, June 06, 2008 12:11 PM
To: religionspirituality@yahoogroups.com
Subject: [religion&spirituality] Tanya kepada mas Prayitno


Kepada mas Prayitno,

Saya penasaran gimana ceritanya anda bisa jadi mualaf? Semoga bukan karena urusan syahwat ya.

Tuhan memberkati kita,
I Yohannes S

35 komentar:

myBlog mengatakan...

sebetulnnya muslim ato nasrani sama aja,ke 2 nya sama2 mengakui Allah kan...yg pentig keduanya saling menghormati dan ga ngejelekin
karena ke 2 nya punya keunggulan masing2,setuju...?
yg penting mah peace

Jimmy mengatakan...

Shallom Mas
Oh ternyata begitu ceritanya proses mas edy pindah keyakinan. Wah sungguh saya menyesal tidak kenal dengan mas sewaktu saya di Surabaya. Karena saat itu mungkin saya dapat membantu anda membaca satu ayat yaitu Yoh 13:13'
Mungkin Tuhan Yesus punya rencana lain ya mas? mungkin juga Dia mau mengajar mas edy dengan jalan yang seperti ini tapi endingnya mas edy kembali meyakini bahwa Yesus adalah Tuhan dan Juru Selamat dan saya pun berdoa demikian.
GBU

Anonim mengatakan...

Kamu menyebut aku guru dan tuan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan tuan."Yesus disebut sebagai guru karena mengajarkan kebaikan-kebaikan, kebenaran-kebenaran dan petunjuk hidup kepada murid-muridnya dan Yesus disebut tuan karena nasehat dan pengajarannya selalu ditaati murid-muridnya, maka pantaslah Yesus disebut guru dan tuan. Kata tuan dalam ayat di atas adalah terjemahan dari kata mar dalam bahasa Ibrani/Aramaic yaitu bahasa sehari-hari Yesus, kata mar biasa diberikan kepada orang yang dihormati dan di taati. Namun ternyata dalam penterjemahan ayat tersebut ke dalam bahasa yang bukan bahasanya Yesus kata tuan dalam ayat di atas telah berubah menjadi Tuhan, yang jauh menyimpang dari ucapan Yesus, sehingga lafal ucapan Yesus tersebut menjadi :"Kamu menyebut aku guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan Tuhan." Yohanes 13:13Tentu saja perubahan ini di manfaatkan oleh umat Kristen sebagai dalil bahwa Yesus pernah mengatakan dirinya sebagai Tuhan.

Anonim mengatakan...

YOHANES 13 : 13 "Kamu menyebut aku Guru dan Tuhan, dan katamu itu tepat, sebab memang Akulah Guru dan Tuhan.

itu ayat yg sebenarnya. jika ingin berkomentar tolong jangan ada dusta.

Jesus loves you .

Anonim mengatakan...

Kamu menyebut aku guru dan tuan, dan katamu itu tepat, sebab memang akulah guru dan tuan.



atas dsar apa anda mngatakan it?coba brikan sya argumen,krna sya tw mksd anda....

besokaya mengatakan...

buat apa yesus berdoa sampai nangis darah di taman getsemani? katakan dia tuhan? tuhan mana yg berdoa,dan kepada siapa? tuhan mana yg perang batin? tuhan mana yg hopeless? tuhan itu mendesign kehidupan ciptaannya, bukan tuhan yg kalut..., pada posisi ini, pastilah yesus di subyekkan beralih fungsi menjadi anak tuhan yg lagi berharap ke tuhan allah bapa, dan semua orang kristen bingung menjawabnya toh

dan kalo yesus mati di kayu salib untuk menebus dosa, berarti si pelempar tombak adalah orang yg paling berjasa dalam agama kristen toh!? tapi skenario itu tak berarti, dosa apa yg terbayar?? lah wong katanya hidup lagi??
dan lagi-lagi orang kristen bingung menjawabnya...

kalo pemikiran saya, saya yakin yesus itu manusia, lalu dikultuskan menjadi anak tuhan/tuhan beberapa abad kemudian, cobalah mendengar sejarah, atau kalo mau iseng nonton film dvd judulnya agora yg main rachel weisz, semoga membantu pemikiran tentang Sang Pencipta

Anonim mengatakan...

dan kalo yesus mati di kayu salib untuk menebus dosa, berarti si pelempar tombak adalah orang yg paling berjasa dalam agama kristen toh!? tapi skenario itu tak berarti, dosa apa yg terbayar?? lah wong katanya hidup lagi??
dan lagi-lagi orang kristen bingung menjawabnya...>khan dah dtlis dan difirmankan?anda tw dan ngerti tjusn DIA dtang?

besokaya mengatakan...

Mengapa meninggalkan Aku? (Matius 27:46) mengapa kalo memang sudah difirmankan, kok ada pertanyaan super hebat terucap dari yesus ke allah, seperti pertanyaan diatas?????

dan otomatis, murid2nya emang udah dikasi tau,kejadiannya bakalan nestapa keliatannya, dan yesus bakal disalib, bla,bla,bla... dan murid2nya disuruh liatin doang? kalo gue jd muridnya, pasti bantuin dong, diem2 bayar kuli panggul 10 orang, perkara ntar ketauan dan gw dipenjara malah bagus, nama gw jd pahlawan, dalam sejarah dicatat, dan jd cerita anak2 sebelum tidur, dan yg pasti menonjol diantara 12 muridnya..,???

gila coy, tuhan lagi ngangkat kayu gede banget, lu kagak kasi minum kek, kipas2in kek, nyanyi ape kek yg bagus2 biar enteng dikit

ada maling yg bareng2 die aje masuk sorga firdaus, gara2 ngajak ngobrol doang,...???

betapa orang takut menerima kenyataan bahwa selama ini ada keraguan dalam keyakinannya,

tapi kalo seseorang yg dalam hidupnya selalu mencari kebenaran dia niscaya akan berani bertindak dari agama yg diberikan orang tuanya itu,ada sesuatu...sesuatu yg gak tepat

Anonim mengatakan...

Mengapa meninggalkan Aku? (Matius 27:46) mengapa kalo memang sudah difirmankan, kok ada pertanyaan super hebat terucap dari yesus ke allah, seperti pertanyaan diatas?????>loe jg hrs bca perkataanNYA yg trkhir




dan otomatis, murid2nya emang udah dikasi tau,kejadiannya bakalan nestapa keliatannya, dan yesus bakal disalib, bla,bla,bla... dan murid2nya disuruh liatin doang? kalo gue jd muridnya, pasti bantuin dong, diem2 bayar kuli panggul 10 orang, perkara ntar ketauan dan gw dipenjara malah bagus, nama gw jd pahlawan, dalam sejarah dicatat, dan jd cerita anak2 sebelum tidur, dan yg pasti menonjol diantara 12 muridnya..,???>g skalian aja muridNYA mngmplkan para umatNYA saat itu utuk melawan?biar kren dan sngar kyk mhamad!!!hahhaa.....




tapi kalo seseorang yg dalam hidupnya selalu mencari kebenaran dia niscaya akan berani bertindak>cpa yg mncri psti menmkan

Anonim mengatakan...

didalam al-kitab lord bukan god....
itu penerjemahnya bisa bahasa inggris gak ya??

Anonim mengatakan...

lord tak sama dengan god....
yang terjemah bisa bahasa inggris gak sih??

Anonim mengatakan...

maz LORD>TUHAN,Raja,Tuan

Anonim mengatakan...

maz,LORD>TUHAN,Raja,Tuan


jdi anda bza g bhaza inggriz!!!

Anonim mengatakan...

Mas Paulus Gue juga bingung bro..
PERTAMA: Kenapa ya Yesus katanya tuhan kok repot2 pake masuk rahim dulu baru keluar..langsung sim salabim aja napa? toh di sendiri yang nyiptain manusia.....
KEDUA..Tuhan/yesus nyiptain manusia ..terus manusia itu pada berdosa...terus kenapa Yesus sendiri repot2 turun ke bumi daaan dia sendiri yang menebus dosa manusia itu.....mau2 nya dia disiksa, dihina oleh ciptaannya sendiri..........mana kuasa tuhan...katanya juru selamat dia sendiri gak selamat ....????kok bisa ya???
KETIGA Kenapa musti ada pengangkatan tuhan (setelah +/- 300 tahun Yesus wafat ) dalam Konsili Nicea oleh kaisar Constantine ?......Manusia yang memproklamirkan Yesus sebagai tuhan....kok bisa ya ?? lah sebelumnya belom jadi tuhan donk...kok bisa yaaaa ?????
KEEMPAT Kenapa di Injil manapun TIDAK ada kalimat " Aku adalah Yesus tuhan kalian dan alam semesta ..."
Kelima Kalo Yesus repot2 turun ke dunia menebus dosa manusia yang notabene ciptaannya dia sendiri....terus selama itu yang ngurus alam semesta jagat raya ini siapa ya....karena bulan, bintang dan benda2 langit itu adalah benda mati kalau tidak ada yang ngurus wah pasti pada berantakan.....
KEENAM Apa benar 25 Desember adalah hari kelahiran tuhan…….mana buktinya…apakah ada dalam alkitab……..
Ketujuh: Apa benar hari minggu adalah hari beribadah ke gereja……bukannya hari sabtu/ sabat……………seperti yang tertulis dalam alkitab….
KEDELAPAN: Kenapa kitab suci kok versinya beda2 ada yang Mathius…….Yohanes…..dsb…….daaan bisa ada pembaharuan – pembaharuan…….padahal harusnya kitab suci itu redaksinya ya satu yaitu Tuhan dan tanpa perlu ada pembaharuan – pembaharuan karena kitab suci itu harus bisa menjawab semua persoalan masa lalu, masa kini dan yang akan datang…..karena yang bikin skenario waktu / jaman adalah tuhan…….
sebenarnya gue masih banyak bingung lagi tapi udahlah......gak tau
Tolong pendeta/romo/uskup ato siapa aja tolong kasih comment donk....

Anonim mengatakan...

mas edy sebaiknya anda bertobat minta ampun sama Tuhan Yesus sebelum terlambat ?

Anonim mengatakan...

Anak maryam akan datang mengejar si jalal dan akan membunuhnya dan Anak maryam akan menghakimi umat manusia di akhirat , bukankah Dia ( Nabi Isa = Yesus ) itu Tuhan.

Anonim mengatakan...

kasian amat umat kristen,belum punya tuhan yg pasti..

Anonim mengatakan...

islam mmiliki tuhan allah arab,, sbb ALLAH nabi2 adalah ALLAH yg sejati,, bkn dr arab^^

Anonim mengatakan...

saya cm bingung.. kenapa umat kristiani berkeras bahwa jesus adalah tuhan, padahal sdh jelas dia cm seorang manusia, diunuh dan disalib pula! kepada mas edy (sang muallaf) apakah anda menjadi muallaf atas paksaan seseorang? kalo enggak ALhamdullilah.. anda sdh menjadi bagian orang yg mukmin.

Anonim mengatakan...

pilihan yang benar
Alhmdullillh Allah memrikn rhmn nya pda saudra edy...
Dalam alkitab...banyak sekali bukti bahwa yesus bukan TUHAN..
IA sendiri Menyembh ALLAH.
Injil sekarang sudah campur tangan manusia ,sedangkan Al quran Murni Diturunkan kepada nabi muhammad Nabi ISa yang kalian anggap tuhan tersbt tidak lah di salib ,seseorang yg disalb terseut merupakan..orang yang wajahnya diserupai dengan nabi isa oleh ALLAh....

Anonim mengatakan...

Maaf ikut nimbrung. saya mau analisa dulu pernyataan mas Paulus Edi Prayitno. Benarkan mas Edy ini pernah menjadi seorang kristen? Saya agak ragu. kenapa? karena pernyataan pernah dibaptis dengan nama Paulus? Perlu rekan2 ketahui di Kriten Protestan untuk Baptis tidak perlu ada nama baptisnya. lha klo di Katolik wajib ada nama baptisnya. Jadi, maaf ya klo blog ini ditulis oleh "orang yang mengaku-aku pernah menjadi seorang Kristen bahkan menggunakan nama orang suci "Paulus". Anda hanya masuk diskusi jebakan tikus.

Tuhan memberkati kita semua.

Anonim mengatakan...

yo weslah, pusing kepalaku hanya debat tanpa arah. yang penting cari selamat sendiri2 ajalah, anggap saja agama yang qt yakini sekarang adalah yang paling benar, gitu saja.

Anonim mengatakan...

satu kebenaran tidak lantas akan muncul saat seseorang berganti "pakaian", tetapi kebenaran ada di dalam pakaian itu sendiri, yaitu "sang pemakai", dan saat ini banyak "pakaian" yang bisa dipakai oleh masing - masing orang, bahkan dengan model yang sama, beda warna dan corak. Tetapi hanya satu "Penjahit" nya, dan pakaian - pakaian itu bisa berbeda - beda karena adanya perbedaan dalam pola pikir, sudut pandang dan kebiasaan serta (yang paling utama) penafsiran. Tetapi "Penjahit" tidak pernah menganggap "pakaian" yang diingikan oleh masing - masing "pemakai" adalah lebih baik dari satu dengan yang lain, semua pahala dan dosa, surga atau neraka, dinilai oleh Sang "Penjahit" dari perbuatan mereka masing - masing. Pesan saya, pengetahuan anda tentang ke-Imanan masih sangat dangkal, dengan bukti blog anda ini dan komentar pengikut blog anda, apa yang hendak dicari dengan menjelek - jelekkan kepercayaan orang lain?sudah "khatam" kah pelajaran anda dalam mempelajari keyakinan orang lain? atau sudah "khatamkah" anda dalam mempelajari "pakaian" baru anda (termasuk sejarah dan penafsirannya secara harfiah dalam bahasa yang anda mengerti)?saya rasa baru kulitnya saja. Mohon anda tanggalkan "pakaian" anda sejenak selama mempelajari "pakaian" orang lain, maka anda akan temukan kebenaran sejati, bukan hanya kebenaran semu.

Anonim mengatakan...

tolong ya.. kalau komentar jangan ngejek" agama orang lain.. Yesus sendiri rela menjadi manusia karena ia mengasihi manusia dan rela menjalankan penderitaannya supaya lebih dekat dengan manusia.. Soal kenapa ia harus dikandung dulu karena Ia punya sifat ke Allahan da ke Manusiaan.. Karena Bapa, Yesus, dan Roh kudus itu sendiri adalah satu..

Anonim mengatakan...

dasar bodoh2......
coba smua org kristen d harapkan belajar bahasa ibrani/ aramik, trus baca deh tuh smua alkitab2. nanti pasti tau jwabannya...!!!
yoh 13:13-14
Mar: itu tuan bkn tuhan.
n sklian gw ksh tau, skr kristen ga mw d panggil nasrani, krn mreka lbh mmilih bhs yunani ktimbang bhsa aslinya..!!!

Anonim mengatakan...

hehehe seru bgt yak :) thats why Aku memilih Islam sebagai Agamaku...

Ansarh mengatakan...

Begitulah jawab umat kristen saat ditanya ttg konsep trinitas yg mereka yakini. Saking tdk mampunya menjawab, para pendeta di greja mengajarkan umat kristen bhw trinitas itu misteri ilahi, jangan pake nanya2 lagi. Kenapa bisa gitu..?? Ya karena itu tadi, ga bisa jwb. Mo dianalogikan dengan apa pun, tetap saja membingungkan. Iya to mas Anonim, hi..hooi...

Anonim mengatakan...

YOHANES 17:3-8,bacalah dengan seksama - Thread Not Solved Yet
Inilah hidup yang kekal itu, yaitu bahwa mereka mengenal Engkau, satu-satunya Allah yang benar, dan mengenal Yesus Kristus yang telah Engkau utus. Aku telah memper-muliakan Engkau di bumi dengan jalan menyelesaikan pekerjaan yang Engkau berikan kepada-Ku untuk melakukannya. Oleh sebab itu, ya Bapa, permuliakanlah Aku pada-Mu sendiri dengan kemuliaan yang Kumiliki di hadirat-Mu sebelum dunia ada. Aku telah menyatakan nama-Mu kepada semua orang, yang Engkau berikan kepada-Ku dari dunia. Mereka itu milik-Mu dan Engkau telah memberikan mereka kepada-Ku dan mereka telah menuruti firman-Mu. Sekarang mereka tahu, bahwa semua yang Engkau berikan kepada-Ku itu berasal dari pada-Mu. Sebab segala firman yang Engkau sampaikan kepada-Ku telah Kusampaikan kepada mereka dan mereka telah menerimanya. Mereka tahu benar-benar, bahwa Aku datang dari pada-Mu (bukan dari Iblis ataupun ilah palsu), dan mereka percaya, bahwa Engkaulah yang telah mengutus Aku. [Yohanes 17:3-8]

Dalam ayat-ayat di atas begitu jelas digambarkan bahwa Tuhan itu Esa, dan Yesus adalah utusan Tuhan yang mengemban tugas untuk menyampaikan firman Tuhan. Apa yang disampaikan Yesus adalah bukan berdasarkan hawa nafsu Yesus, tetapi berdasarkan firman yang berasal dari Tuhan. Sebagaimana layaknya para nabi, Yesus hanya menyampaikan apa yang diwahyukan kepadanya. Orang Yahudi bukannya tidak percaya bahwa Yesus itu Tuhan. Sebab memang Yesus tidak pernah mengklaim dirinya sebagai Tuhan, Yesus hanya mengklaim dirinya sebagai utusan Tuhan. Tetapi banyak orang Israel pada saat itu tidak percaya. Kemudian dalam ayat ini Yesus menyatakan bahwa sekarang mereka telah percaya bahwa hanya ada satu Allah, dan Yesus adalah benar utusan Allah. Allah hanya satu, tidak ada Allah Putra, tidak ada Allah Roh Kudus. Ilah yang benar hanya ada satu, adapun ilah-ilah palsu itu ada banyak. Tetapi hanya satu Ilah yang benar, yaitu Ilah yang disembah Abraham, Ismael, Ishak, Yakub, Yesus, dan Muhammad.

Katakanlah: “Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku.” [QS. Al-An'am (6): 50]

Katakanlah: “Sesungguhnya aku ini hanya seorang manusia seperti kamu, yang diwahyukan kepadaku: “Bahwa sesungguhnya Tuhan kamu itu adalah Tuhan Yang Esa”. Barang siapa mengharap perjumpaan dengan Tuhannya maka hendaklah ia mengerjakan amal yang saleh dan janganlah ia mempersekutukan seorang pun dalam beribadah kepada Tuhannya”. [QS. Al-Kahfi (18): 110]

Jawab Yesus: “Apakah sebabnya engkau bertanya kepada-Ku tentang apa yang baik? Hanya Satu yang baik. Tetapi jikalau engkau ingin masuk ke dalam hidup, turutilah segala perintah Allah.” [Matius 19:17]

Jawab Yesus: “Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorang pun yang baik selain dari pada Allah saja. [Markus 10:18]

Yesus menjelaskan bahwa dia bukanlah ‘yang baik’, ‘yang baik’ itu hanyalah Allah Yang Esa, sedang Yesus bukanlah Allah. Turuti segala perintah Allah, maka engkau akan masuk ke dalam hidup yang sejati.

Anonim mengatakan...

Tetapi tentang hari atau saat itu tidak seorangpun yang tahu, malaikat-malaikat di sorga tidak, dan Anak pun tidak, hanya Bapa saja." (Mark 13:32)

Ayat alkitab tidak menyata tentang Yesus tidak memberitahu soal hari kiamat, tapi jelas menyatakan dia tidak tahu . Maka persoalan timbul , apakah tiga tuhan sama darjatya? atau Sang bapa sahaja yang teragung memandang kan pengetahuan sang bapa melangkaui Yesus?

Yesus: "Mengapa kaukatakan Aku baik? Tak seorangpun yang baik selain dari pada Allah (Sang bapa?) saja. (Mark 10:18)

Jelas Yesus bukan Allah dan tidak setanding Allah

Anonim mengatakan...

umumnya kristen ttdk tau ayat2 di alkitabnya extrim jorok tdk masuk akal,kristen mengira ayt di Al-Quranlah yg Extrim, pdhal mereka kristen pd umumnya sdh dicuci otak diboh2hi sm pendeta untuk mempertahankan imannya dg cara menyudutkan Islam, pdahal mrk ayt kontroversi markus vs Yohannes vs vs banyak ngacau. cth yesus disunat, bai haram di imamat 11. tp mrk bersikeras sdh ditanggung yesus dosa2 mrk.

Anonim mengatakan...

Good_brother..nulis

kenapa ketika bapak kristen tidak membaca injil lukas 2:11"(11) Hari ini telah lahir bagimu Juruselamat, yaitu Kristus, Tuhan, di kota Daud"
pernyataan malaikat ini disaksi kan oleh lebih dari 1 gembala.
Yesus tidak perlu menyatakan dengan kata-2 nya sendiri tentang ke KeTUHAN nan nya.cukup melalui perbuatan dan Muijizat.
Di Al-quran juga tertulis bahwa Isa al masih adalah Rh Allah (QS Ali Imran 4:171).
Kalau memang bapak pindah agama,lebih baik mendalami apa yang bapak yakini saat ini,jangan mencari-2 kesalahan.


Anonim mengatakan...

perlu diketahui bpk Edy Prayitno menjadi Mualaf karna mencari kebenaran..seandainya agama Kristen adalah jalan yg Lurus dan benar-benar Firman tuhan mengajarkan TAHUID bahkan tidak mungkin sdr Edy Ptytno masuk Islam.dia Mualaf bkn karna iming-iming INDOMIE apalagi Harta tapi mencari kebenaran..titik..!!~

Anonim mengatakan...

waaah subhanallah banget yaaaaaaa perdebatan ini :)
bahwa tiada Tuhan selain Allah SWT :)dan Muhammad adalah utusan Allah SWT :)

Bogi Hindrajid Satriowilogo mengatakan...

Alasan yang paling utama dari pertanyaan; Mengapa para pendeta menutupi kebenaran dalam bibel adalah......mereka khawatir kalau kebenaran firman ALLAH dalam bibel terungkap.......maka hilanglah jema'at2nya.......dan itu berkaitan dengan masalah penghasilannya.....perutnya......karena para pendeta mendapatkan gaji dari perpuluhan jema'atnya.......bisa rugi kalau sampai berkurang jema'atnya........salam damai.......

Anonim mengatakan...

itulah ciri khas Kristen yg hobi melintirkan kebenaran sesuai di akjitabnya menyuruh dusta