Sabtu, 12 Juli 2008

Perpecahan gereja - gereja ...


Sekilas kita melihat bahwa musuh Islam bersatu padu, terorganisir

dengan baik. Sebenarnya tidak demikian, Kristen terpecah belah menjadi
berbagai aliran dalam jumlah yang sangat banyak. Dan antara satu
aliran dengan aliran yang lain tak jarang mempunyai perselisihan yang
sangat tajam.

Berikut kita akan melihat bagaimana Kristen terpecah-pecah menjadi
sekian banyak aliran.

Menurut sumber mereka, Kristen mula-mula terbagi atas lima wilayah
yang berbeda yakni komunitas kristen di Yerusalem, Antiokia,
Aleksandria, Konstantinopel, dan Roma. Masing-masing komunitas ini
mempunyai perbedaan signifikan dalam mendefinisikan siapa Allah, siapa
Yesus, siapa Perawan Maria.

Konsili Nicea adalah konsili besar pertama dalam sejarah kekristenan
yang mengundang pendeta-pendeta kristen untuk bertemu dalam suatu
forum besar yang disponsori oleh Kaisar Konstantin. Seperti yang
pernah kami bahas di ARANA beberapa edisi sebelumnya, Konsili Nicea
th.325 ini sarat dengan muatan politis dari kepentingan Konstantin
yang saat itu imperium yang dipimpinnya sedang diambang kehancuran
akibat konflik perbedaan aqidah.

Keterlibatan Konstantin tidak sekedar mensponsori konsili tersebut,
tapi juga ia yang menentukan siapa yang berhak diundang dan yang
tidak. Dia juga memimpin jalannya sidang, memutuskan siapa yang harus
keluar dari arena sidang ketika terjadi perdebatan sengit tentang
status Yesus (sebagai manusia atau sebagai Tuhan) dan bahkan hingga
memutuskan hasil sidang tersebut. Di forum inilah Yesus diresmikan
menjadi Tuhan.

Kemudian status gereja dilembagakan secara formal. Hierarki gereja
disusun secara bertingkat-tingkat dipimpin langsung oleh Konstantin
dan Paus pertama adalah Konstatin. Disinilah awal gereja Katholik yang
sebenarnya.

Kemudian terjadi perpecahan-perpecahan besar dalam struktur Gereja
menurut sejarah yang tercatat sebagai berikut :

Perpecahan terjadi pada saat Konsili Efesus (th.431), yang menyatakan
status Perawan Maria sebagai Theotokos (Bunda Allah). Kebanyakan yang
menolak hasil keputusan ini adalah Kristen Persia. Gereja ini sekarang
dikenal sebagai Gereja Asiria Timur.

Perpecahan berikut terjadi setelah Konsili Khalsedon (th.451). Konsili
ini menolak monofisit. Kristen yang menolak ini dikenal sebagai Komuni
Oriental Ortodoks.

Kemudian perpecahan kembali terjadi dalam Gereja Katolik pada abad 11.
Penyebabnya adalah perbedaan doktrin ketuhanan dalam rumusan Pengakuan
Iman Nicea-Konstantinopel dan perebutan kekuasaan duniawi. Gereja
Katolik pun terbagi menjadi dua, yaitu "Barat" dan "Timur". Inggris,
Prancis, Roma dan negara-negara Skandinavia termasuk Gereja "Barat"
(Gereja Katolik Roma). Sedangkan Yunani, Rusia, Suriah, Mesir termasuk
dalam Gereja "Timur" (Gereja Ortodoks). Perpecahan ini dikenal sebagai
Skisma Barat-Timur.

Perpecahan terbesar yang terakhir dalam Gereja Katolik Roma terjadi
pada abad ke-16 dengan adanya Reformasi Protestan yang melahirkan
Gereja-Gereja Protestan. Gereja ini mempunyai sangat banyak aliran dan
tidak mempunyai kepemimpinan yang terpusat seperti Katholik Roma.
Perpecahan demi perpecahan terus berlangsung hingga saat ini.

Perpecahan selanjutnya terjadi ketika Raja Henry VIII dari Inggris
memisahkan seluruh gereja-gereja di kerajaannya dari persekutuan
dengan Paus (Gereja Katholik Roma). Masalahnya, karena permintaannya
untuk menikah kembali sementara istrinya masih hidup ditolak oleh
Paus. Kelompok gereja inilah yang dikenal sebagai Gereja Anglikan.

Grup terbesar yang menyebut diri mereka sebagai Katolik adalah Gereja
Katolik Roma. Kata Roma dipakai karena Gereja Katolik ini menganggap
Paus yang berkedudukan di Roma sebagai kepala gereja.

Di Indonesia
Karena latar belakang penjajahan Belanda, Gereja-gereja Protestan di
Indonesia kebanyakan berlatar belakang Calvinis. Namun Gereja-gereja
ini pada umumnya terbagi-bagi ke dalam kelompok-kelompok suku dan
regional, misalnya GBKP, GKI, GKJW, GMIM. Ada pula Gereja-gereja
Lutheran yang pada umumnya terkonsentrasi di Sumatera Utara, dan
merupakan hasil misi dari Jerman, seperti Gereja HKBP, GKPS, BNKP, dll.

Ada pula sekte besar lainnya yaitu Kristen Marten Luther. Aliran ini
dicetuskan oleh Marten Luther dan Philip Milenstone pada tahun 1530 M,
setelah memisahkan diri dari Roman Katolik. Pengikut aliran ini
berpendapat mereka harus mempertanggungjawabkan semua amalan mereka di
hadapan Allah.

Karena pengaruh gerakan misi dari Amerika Serikat, sejak akhir abad
ke-19 dan awal abad ke-20, hadir pula di Indonesia Gereja-gereja yang
berasal dari negara tersebut, seperti Gereja Adventist, Baptis,
Pentakosta, Karismatik, Kristen Jesus Kristus, dll. Kristen Jesus
Kristus didirikan oleh Thomas Kampel, Alexander (anak T. Kampel) dan
Barthon Stone. Mereka mencetuskannya di Amerika pada abad ke-19
Masehi. Aliran ini menaruh perhatian besar terhadap usaha menghidupkan
kembali tradisi kekristenan sesuai dengan yang dipesankan dalam
Perjanjian Baru.

Gereja Ortodoks. Gereja ini baru muncul di Indonesia sekitar akhir
tahun 1960-an, meskipun di negara-negara Eropa Timur, Timur Tengah,
dan India Gereja ini telah hadir selama berabad-abad, bahkan sebagian
telah hadir sejak abad pertama ketika kali pertama Gereja Kristen
terbentuk oleh para murid Yesus. Kini di Indonesia telah hadir Gereja
Ortodoks Yunani, Gereja Ortodoks Syria, dan Gereja Ortodoks Rusia.
Kristen Ortodoksmuncul setelah terjadinya perpecahan tahun 1054 M.
Penganut aliran ini mengklaim bahwa merekalah penganut Kristen yang benar.

Selain Gereja-gereja di atas, ada pula Gereja-gereja lain yang
ajarannya sering dianggap terlalu jauh berbeda dengan Gereja-gereja
yang disebutkan tadi, seperti Gereja Mormon, Saksi Yehuwa, dan
Christian Science.

Kristen Methodis
Aliran ini dicetuskan pada tahun 1729 di Inggris oleh John Wizli.
Pengikutnya meyakini bahwa keselamatan seseorang harus langsung
melalui Jesus.

Kristen Presbyterian
Dicetuskan oleh John Calvin di Geneva pada tahun 30an abad ke-16
Masehi. Pengikut aliran ini berpendapat wajib beriman kepada kada dan
kadar.

Kristen Pantekosta
Aliran ini dicetuskan di Amerika pada awal abad ke-20. Ajarannya
diilhami oleh datangnya Roh Kudus kepada para pendeta di awal hari
Limapuluh, sehingga mereka akan dapat berbicara dengan berbagai
bahasa. Jesus dinyatakan akan muncul kembali dalam waktu yang tidak
lama lagi.

Kristen Uskup Agung Protestan
Aliran ini muncul di James Town, Amerika Serikat pada tahun 1789
setelah terjadinya revolusi Amerika. Aliran ini dianggap sebagai
pengganti Kristen Anglikan.

Sebenarnya Allah SWT telah memperingatkan kita dalam Al-Quran bahwa
seolah-olah mereka bersatu tetapi sesungguhnya mereka berpecah-belah,
mereka saling bermusuhan antara satu dengan yang lain.

Mereka tidak akan memerangi kamu dalam keadaan bersatu padu, kecuali
dalam kampung-kampung yang berbenteng atau di balik tembok. Permusuhan
antara sesama mereka adalah sangat hebat. Kamu kira mereka itu
bersatu, sedang hati mereka berpecah belah. Yang demikian itu karena
sesungguhnya mereka adalah kaum yang tidak mengerti. (Qs. Al Hasyr : 14).

Kekuatan mereka ibarat jaring laba-laba, terlihat besar namun sangat
rapuh. Maka sudah saatnya kini kita bersatu. Jangan mengkafirkan atau
menyesatkan saudara sesama muslim hanya karena perbedaan furu'iyah.
Mari rapatkan barisan bentengi akidah ummat !!! (Silmy Kaffah)

Sumber : www.irenahandono.or.id

21 komentar:

diskusi mengatakan...

Bagaimana dengan perpecahan islam? posting dong! Aku sebagai mualaf juga pingin tahu

Anonim mengatakan...

jaminan keselamatan hanya ada dlm YESUS KRISTUS.

Jadi sodara edi prayitno, seberapa kerasnya anda berusaha memberikan informasi yg detail spt ini tetap saja hanya KASIH KARUNIA YESUS KRISTUS SAJA YG dapat MENYELAMATKAN KITA.

oteh.... edi prayitno. smoga pertobatan anda nanti setelah kembali bs membawa lebih lg jiwa yg kenal YESUS KRISTUS. amin.

Anonim mengatakan...

perpecahan itu wajar saja.kami melihat,bahwa itu adalah keberagaman yang kami harus terima dalam dunia kekristenan kami.perpecahan bukan menandakan kehancuran,tetapi justru sebaliknya mendatangkan kekuatan.islam pun berpecah belah dalam 4 mahzab besar dan 2 aliran shiah,sunni.bahkan ada juga sekte2nya yang mengklaim benar ternyata bersifat bid'ah.bahkan di indonesia sendiri islam terbagi dalam 2 kelompok besar nu(yang tradisionil),muhamadiah.dan belum lagi komunitas lainnya,seperti:ldii,persis,islam ahlul sunnah wal jama'ah,naqsabandiah.kelompok sesat ahmadiah pun mengklaim sebagai islam,meskipun di tolak.belum lagi kelompok extrim lainnya.jadi tidak ada agama apa pun di dunia ini yang tidak terpecah.perbedaan cara pandang dan bertheologi adalah hal terbesar dalam perpecahan suatu agama.masalah tritunggal dalam kekristenan mungkin menjadi akar dari cara pandang yang membawa perbedaan dalam cara pandang.tetapi ada satu hal yang meyakinkan kami sbg umat YAHWE(TUHAN yang menyatakan namanya sendiri kpd umat israeldan tentu menjadi sesembahan orang kristen juga).tetap di satukan dalam satu pengharapan,bahwa TUHAN yang maha esa dan kalimatnya telah datang sebagai manusia,lahir,berkarya dalam kehidupan manusia.dia juga menjadi juru selamat kami.YAHHWE-SHUA(YESHUA)=tuhan yang menyelamatkan.shema ISRAEL YAHWE ECHAD(ESA)perbedaan bukan hambatan teteapi jalan menuju suatu harmonisasi(bahkan SANG NABI muhammad pun meramalkan islam terpecah dalam berbagai kelompok)so selamat menikmati perbedaan di tengah dunia yang plural.kekristenan mungkin hadir dalam berbagai wajah,tapi kekristenan juga di ajar untuk bisa menghargai perbedaan dan kemajemukkan,tanpa harus kehilangan identitasnya.TUHAN PEMBELA KAMI,MANUSIA HANYALAH DEBU YANG TIDAK BERDAYA BAHKAN UNTUK BERTAHAN HIDUP PUN ITU ADALAH SEBUAH ANUGERAH.SHALOM buat saudara2 muslim semoga jalan yang lurus itu selalu menghampiri dan beserta kalian."akulah jalan kebenaran dan hidup,tak seorang pun sanggup datang kepadaNYA tanpa melalui aku"(yeshua hammashia,sang kalam,sang penebus,TUHAN yang hadir sebagai manusia,dan yang esa tak ada yang menyamainya)

Anonim mengatakan...

Apa yg saudara mualaf tuliskan sudah tertulis terlebih dahulu dlm Alkitab pada Perjanjian Baru. Perpecahan jemaat namun bukan permusuhan. Itu adalah bagian dari kebebasan yg diberikan Tuhan bagi stiap orang yg dianggap anakNya bukan lg hamba selama yg dilakukan bukan perbuatan dosa. Namun tdk tertutup kemungkinan ada aliran yg menyimpang dari ajaran Tuhan Yesus disebabkan iblis bekerja bagi stiap orang. Namun, Tuhan jg nantinya akan menyatukan umatNya yg terpecah. Dan ini mungkin tdk anda ketahui dlm Kitab suci anda. Smua yg akan terjadi dlm Dunia ini secara garis besarnya tlah tertulis dlm Alkitab. Bahkan sebelum anda menuliskan ini sekalipun, Tuhan dlm FirmanNya tlah terlebih dahulu memberitahukan akan kedatangan anda buat kami. Anda yakin smua tlah tertulis?? Wajar anda tdk percaya krna anda blom pernah membaca sendiri. Firman Tuhan jg mengatakan Tuhan mengasihi stiap orang yg datang kepadaNya...

Anonim mengatakan...

kepada empunya blog : saya akan coba komentar meskipun saya bukan ahli agama. soal muhammadiyah dan nu keduanya sama2 memegang teguh ajaran islam, namun cara penyampaiiannya berbeda, tidakada perbedaan yang sangat mendasar. paling hanya cara penentuan awal bulan saja, itupun karena perdebatan keilmuan soal bagaimana cara menentukan secara akurat munculnya bulan pada tanggal satu, seandainya rumus baru berkembang dan alat seperti teropong dsb di indonesia cukup maju, maka sudah jelas tidak akan ada perbedaan. soal sunni dan syiah pun begitu, kami sama2 shalat ke arah dan kepada Tuhan yang sama, hingga melaksanakan haji ke tempat yang sama, mengakui nabi yang sama pula.

Anonim mengatakan...

blog2 kaya gini ni yg bikin indonesia jd negara teroris,pantes aja teroris g ilang2.membunuh kok jihad,gak masuk akal ajarannya

kristian aw mengatakan...

Kristen dan Katholik dan Aliran Kristen yang lain tidaklah pecah....kita cuma berjalan di jalan yang berbeda,namun searah...toh tujuannya sama...sama-sama berjalan di jalannya Tuhan...dan saya bangga dan senang karena Yesus adalah seorang (Allah yang turun ke dunia dan benar - benar menjadi darah dan daging namun tidak kehilangan keAllahaNya)Juru Selamat.....bayangkan aja anda berada di jembatan yang akan ambruk dan tidak ada siapapun bisa menyelamatkan anda...........that why!!!! Yesus datang sebagai penyelamat kita ya sebagai SAR donk pastinya.....atau bisa juga menunda ambruknya jembatan....jadi bersyukurlah kita yang punya Yesus

Anonim mengatakan...

dangan..
kitab suci kalian dan kami itu bedanya pada perjanjian baru dan lama .. kalian penganut agam muslim hanya mengakui kebenaran perjanjian lama... coba gan beli alkitab trus baca dan renungkan. pasti roh kudus akan bekerja di hati dan pikiranmu ..

sooo....
intinya hanya ada pada diri qt ..
mau percaya TUHAN YESUS => masuk surga
ngk percaya => masuk neraka ..
itu aja kok repot

Anonim mengatakan...

Inti nya
agama mu agama mu , agama ku agamaku.
Dan Hanya Tuhan yg bisa menilai umat nya pantas atau tidak masuk surga.
Kita sebagai manusia ya hanya menjalankan apa yg ia perintahkan dalam Al Quran, Al kitab dll.

sang pemimpi mengatakan...

laqum dinuqum waliadiin.....

Valent Respati mengatakan...

Silakan teruskan blog ini. Dan Indonesia terpecah belah. Dunia damai impian kebanyakan orang pun hanya jadi impian.

Reza Adhan mengatakan...

Ssstt, ini politik timur tengah yang berkembang ke eropa, amerika, dan sebagian asia..

Just believe your own god with your heart and respect each other, jangan mau kemakan sejarah2 perang diluar negeri ah..!

Anonim mengatakan...

Hahhaaa...Karl Marx semakin tertawa dgn komentar2 sperti ini !!! Ternyata org2 yg menyatakan dirinya ber-Tuhan berkelahi! Bisa2 pengikut Karl Marx yg bersenang-senang di Surga nanti drpda mrk yg mengklaim diri ber-Tuhan (ato ber-hantu???)

tonwsh mengatakan...

Berapa banyak BUKU yang ada di BIBLE / AlKitab ?
Jawaban tepat atas pertanyaan ini tergantung pada yang satu menganggap Alkitab.
BIBLE YAHUDI : Tradisional 24 buku, dibagi menjadi Taurat (lima buku), Nabi (delapan buku), dan Tulisan-tulisan (sebelas buku). (Total 24)

Alkitab Kristen dibagi menjadi dua bagian, Perjanjian Lama dan Perjanjian Baru.

BIBLE PROTESTAN Perjanjian Lama memiliki buku yang sama dengan Alkitab Yahudi, tetapi nomor dan disusun berbeda, untuk menghasilkan 39 kitab Perjanjian Lama. Perjanjian Baru mengandung 27 kitab. (Total 66)

BIBLE KATOLIK Roma: 73 buku. Katolik Roma Perjanjian Lama mengikuti Perjanjian Lama kuno Kristen yang disebut Septuaginta, yang mencakup semua buku sama dengan Alkitab Yahudi, ditambah tujuh lebih. Dengan demikian, Katolik Roma Perjanjian Lama memiliki 46 buku. Katolik Roma Baru Perjanjian berisi 27 kitab Perjanjian Baru sama seperti Protestan. (Total 73)

BIBLE YUNANI / Ortodoks Timur Perjanjian Lama adalah sedikit lebih panjang dari Perjanjian Lama Katolik Roma. Perjanjian Lama Suryani sering memiliki tambahan materi dalam lampiran. Ortodoks Yunani dan Perjanjian Baru Syria memiliki 27 kitab yang sama seperti Katolik Roma dan Perjanjian Baru Protestan. (Total 78)

BIBLE ETHIOPIA Ortodoks Perjanjian Lama adalah yang terpanjang di setiap cabang agama Kristen. Ortodoks Ethiopia "Canon Sempit" memiliki 27 kitab Perjanjian Baru yang sama sebagai cabang lain dari agama Kristen, tetapi Ortodoks Ethiopia "Canon luas" termasuk buku beberapa tambahan. (Total 81)

BIBLE MORMON / Gereja OSZA Meski telah dikanonisasi edisi 1769 dari Alkitab BIBLE King James, Joseph Smith Jr mengatakan bahwa Kidung Agung tidak terinspirasi, dan dianggap Apokrif. Komunitas Kristus sebuah cabang dari Hari Suci Zaman gereja, telah dikanonisasi Terjemahan Joseph Smith (JST) dan telah dikeluarkan Kidung Agung / Songs. (Total 65)

http://wiki.answers.com/Q/How_many_books_are_there_in_the_Bible

Anonim mengatakan...

Bagus gan, Alhamdulillah. Buat yang komen juga bagus. Gak separah di forum lain yang lebih mirip berantem daripada debat. Hatur nuhun gan. Saya sih emang tahu kalo kristen emang 'kepecah belah' tapi, gak nyangka setajem ini. Untungnya, islam cuma beda furuiyah aja, ya, bukan sampae aqidah.

Anonim mengatakan...

sesungguhnya pihak yg patut kita waspadai ialah kaum oportunis yg senantiasa memanfaatkan setiap perbedaan yg kita miliki. Mereka mengatasnamakan apapun, termasuk agama demi mendapatkan apa yg mereka cari. Islam, yahudi dan nasrani memang berbeda. Tapi jangan sampai perbedaan itu membuat kita saling bermusuhan. Ingat, bahwa permusuhan di antara kita hanya akan menambah keleluasaan mereka untuk mendapatkan tujuan.
Waspadalah...

Anonim mengatakan...

kita yang disini sama sama belum membuktikan mana yang bisa menyelamatkan kita, apakah kristen ataukah islam ataukah hindu ataupun budha ..
karena apa ???
karena kita yang disini belum pernah mati dan mengetahui kebenaranya dengan mata kepala sendiri ..

jadi ...ndak usah pada Ribut !!!!!

Anonim mengatakan...

bener bro, kalo mw bukti ya mati dulu bro! hehe he... tp gk bisa balik hidup lagi di dunia... andai sudah tw yg benar disono... makanya bro terus belajar cari kebenaran.... perdebatan itu bukan sesuatu yg tabu... justru wajib! dari pada anda menyesal kalo sudah mati nanti .. ya gak? kita di karuniai akal untuk memikirkan hal itu bro.... jangan ngikut agama secara buta bro... telaah dulu dari berbagai sumber ok?

Anonim mengatakan...

Irene handono. Edy prayitno. Ikhsan mokoginta. Robertus taianus ... next menyusul

Al Masih mengatakan...

Pada hari terakhir banyak orang akan berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan, bukankah kami bernubuat demi nama-Mu, dan mengusir setan demi nama-Mu, dan mengadakan banyak mujizat demi nama-Mu juga?

Matius 7:21
Bukan setiap orang yang berseru kepada-Ku: Tuhan, Tuhan! akan masuk ke dalam Kerajaan Sorga, melainkan dia yang melakukan kehendak Bapa-Ku yang di sorga.

SIAPAKAH TUHAN…??!

“ulangan” pasal 4 ayat 35
“Tuhan itulah ALLAH dan KECUALI TUHAN YANG ESA TIADALAH YANG LAIN LAGI”

“Markus” pasal 12 ayat 29
“Dengarlah olehmu HAI BANI ISRAEL ADAPUN ALLAH TUHAN KITA IALAH TUHAN YANG ESA”

======================================…

“Tuhan itulah ALLAH dan KECUALI TUHAN YANG ESA TIADALAH YANG LAIN LAGI”

“Dengarlah olehmu HAI BANI ISRAEL ADAPUN ALLAH TUHAN KITA IALAH TUHAN YANG ESA”

SANGAT JELAS

“TUHAN ITU ALLAH TUHAN KITA IALAH TUHAN YANG ESA”TIADALAH YANG LAIN LAGI”

Anonim mengatakan...

yg membedakan diskusi dgn pertikaian adalah methode penyampaiannya...... tapi saya nilai komentar di forum ini cukup komdusif, Saya seorang muslim, tetapi saya sadar bahwa saya hidup di Indonesia bukan di negara yg berazaskan syariah, jadi saya akan terus mengupayakan Toleransi hidup bersama umat (agama yg lain), saya sangat menghoramati anda2 sekalian sekalipun kita berbeda keyakinan, krn sesungguhnya Islam mewajibkan umatnya utk menjaga tetangganya (bila perlu dgn nyawanya) wpun berbeda aqidah, jadi menurut saya, bahaya yg harus kita waspadai adalah kalimat2 provocatif dan seruan2 perbedaan yg membangun jurang dlm kehidupan berbangsa, sebaiknya kita kembali kepada nurani, hormati lah perbedaan ini sebagi "rahmat" krn itu saya berharap, saudara2 Kristian juga bisa menghargai kami sebagai keluarga, bila ini bisa kita jalankan semoga kita bisa saling melindungi dan saling menjaga ___ salam buat semua semoga anda selalu di limpahkan banyak kebaikan